Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Selasa, April 28, 2009

ALAM BAWAH SADAR

Kekuatan Alam Bawah Sadar
SMART NLP
KEKUATAN ALAM BAWAH SADAR
TOMMY SIAWIRA
INTISARI
Manusia merupakan makhluk yang memiliki dua bentuk pikiran, yaitu “alam sadar” dan “alam bawah sadar”. NLP pada intinya membahas bagaimana kita dapat berkomunikasi dengan alam bawah sadar kita, baik secara verbal maupun non verbal, agar manusia dapat lebih efektif mengendalikan perilakunya.
Ilmu psikologi mengungkapkan, alam bawah sadar menguasai 97% perilaku kita, sedangkan sisanya dimiliki oleh alam sadar. Alam bawah sadar mengatur semua aktivitas kita, bahkan saat kita sedang tidur, antara lain bernafas dan mengatur denyut jantung. Mengingat besarnya peranan tersebut, NLP mempelajari cara-cara yang efektif agar manusia dapat mengendalikan alam bawah sadar. Pengendalian alam bawah sadar diyakini, akan membuat manusia lebih efektif mengendalikan perilakunya.
Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk dapat berkomunikasi dengan alam bawah sadar kita. Cara pertama yaitu berbicara pada diri sendiri, baik dengan cara memvisualisasikan maupun mengajukan pertanyaan-pertanyaan pada diri sendiri. Cara ini bertujuan memanfaatkan kemampuan alam bawah sadar dalam merekam seluruh aktivitas manusia sehari-hari. Saat manusia lupa akan sesuatu, sebenarnya yang lupa adalah alam sadarnya. Alam bawah sadar tetap merekam hal tersebut dalam berbagai file rekaman. Untuk mengingat kembali hal-hal yang terlupa, manusia tinggal memanggil kembali file rekaman yang tepat. Pemanggilan file rekaman itulah yang dapat dilakukan dengan cara visualisasi atau mengajukan pertanyaan-pertanyaan.
Cara lain untuk berkomunikasi dengan alam bawah sadar adalah meng-guide alam tersebut agar dapat terhindar dari hal-hal negatif. Alam bawah sadar sebenarnya sangat jenius, karena mampu merekam seluruh aktivitas manusia hingga 2 juta bit per hari. Namun seperti layaknya anak kecil, alam bawah sadar tidak mengetahui mana yang baik dan mana yang buruk. Untuk mengatasi kekurangan tersebut, tugas alam sadar lah untuk menunjukkannya. Menjaga kemurnian alam bawah sadar dan menghindarinya dari hal-hal negatif, akan menguntungkan manusia dan alam sadarnya.

Alam Bawah Sadar
Pernah dengar perkataan alam bawah sadar tidak, maksud saya bukan sesuatu yang bersifat gaib atau magic tapi alam bawah sadar di dalam fikiran manusia. Mungkin saya dan anda bukan orang pertama yang mempertanyakannya. Menurut diskusi dengan beberapa sahabat ternyata fikiran manusia itu dapat dikatakan sebuah perpustakaan yang canggih, atau mungkin lebih tepatnya mesin search engine yang paling mutakhir, yang memiliki sistem operating system sendiri mungkin lebih canggih dari Windows Fiesta keluaran dari Microsoft. Nah di suatu perpustakaan atau mesin pencari kita hanya bisa mengakses data atau keyword yang kita cari, sisa data yang tidak terpancing keluar adalah terbentuk database yang luar biasa dahsyatnya.

Ibarat sebuah mesin pencari alam sadar adalah alam yang sedang kita gunakan keyword/kata kuncinya atau jika tampilan yang muncul ketika kita menggunakan sebuah mesin pencarian, sisanya tidak terlihat atau atau tidak terdekteksi lagi, jadi alam sadar adalah alam yang ada saat suatu waktu kita perlukan. Itulah sebuah ilustrasi yang menurut saya menggambarkan tentang alam sadar dan alam bawah sadar.

Lalu maksudnya apa kalau kita telah tahu tentang pengertian alam bawah sadar dan alam sadar, nah sebenarnya alam bawah sadar ini memiliki kemampuan yang luar biasa, pada kondisi-kondisi tertentu alam bawah sadar dapat bekerja, dan kabarnya otak bawah sadar mempunyai kemampuan 7 kali lebih besar dibanding otak sadar. Alam bawah sadar mengatur semua aktivitas hidup kita, bahkan saat kita sedang tidur, antara lain bernafas dan mengatur denyut jantung.

Bagi anda yang sedang berlatih berenang atau berlatih mengendarai mobil, atau berlatih mengetik tanpa melihat, sadarkah anda bahwa jika anda telah bisa melakukan hal-hal seperti yang saya sebut di atas, maka yang terjadi adalah mekanisme pengerakan diri oleh alam bawah sadar kita, pembentukan alam bawah sadar keahlian dapat dilalui melalu proses sebagai berikut :

- Proses tidak sadar/ tidak tahu
Ketika pertama belajar kita sombong dan merasa paling bisa, terkadang kita tak paham tentang apapun, ingat untuk mengetahui kita perlu yang namanya belajar, hal ini sebagi keyword/kata kunci dalam menjalankan alam bawah sadar kita. Ingat saat pertama belajar mengetik dengan dua tangan tanpa melihat apa yang terjadi kita sering menganggap mudah, padahal ketika kita mencoba kita sering salah.

- Proses penyadaran
Ketika kita tahu kita tidak bisa mengetik dengan dua tangan tanpa melihat maka kita akan melakukan pembelajaran secara pelan-pelan mulai dari melihat letak huruf, menghapal, dalam hal ini adanya prosese penyadaran dari sesuatu yang tidak sadar.

-Tahap Pemahiran
Ketika kita sudah bisa mengetik dengan 2 tangan, sudah hapal letak huruf lalu kita akan berlatih agar kita bisa mencapai suatu kemahiran tahap ini merupakan sebuah kesadaran ternyata kita telah mahir untuk mengetik dengan dua tangan tanpa melihat.

-Tahap membangun alam bawah sadar
Tahapan terakhir dari proses ini adalah tahap merubah alam bawah sadar ke alam tidak sadar, loh kok, ketika kita telah mahir mengetik dengan dua tangan tanpa melihat tanpa sadar alam bawah sadar kita telah merekam atas kesadaran kemampuan yang kita telah miliki, ketika kita telah berlatih berulang-ulang secara otomatis semua berjalan dengan begitu saja, alam bawah sadar kita telah mengambil peranan dalam penjalanan keahlian yang kita miliki rutinitas ini membentuk suatu kebiasaan yang dicatat dalam alam bawah sadar, yang selanjutnya dipergunakan mengikuti kode pencatatan, mengikuti program yang telah tersusun, tanpa harus menguras terlalu banyak energi dari kesadaran kita.

Seperti contoh kasus mahir mengetik dengan dua tangan tanpa melihat akan membuat kita menghemat eergi, dengan tidak sebentar-sebentar melihat tombol keyboard, atau menekan backspace untuk menghapusnya yang terjadi ketika kita membaca sebuah tulisan/menerjemahkan ide semua akan mengalir begitu saja.

Seperti yang saya bilang bahwa alam bawah sadar adalah sebuah data base raksaksa yang memiliki sistem operasi yang paling canggih, seperti sebuah sistem komputer yang rentan terhadap serangan virus, alam bawah sadar pun rentan terhdap serangan virus, virus apa yang bisa merusak alam bawah sadar kita, yaitu, virus ketakutan, panic, emosi yang berlebih, trauma dan fikiran negatif lainya, kalau ada virus lalu adakah anti virusnya. Jawabnya ada antivirus yang paling hebat untuk menyelamatkan alam bawah sadar kita adalah sikap positif dan rasa percaya kepada diri sendiri.

Bagaimana membangun antivirus rasa percaya diri adalah dengan meyakinkan diri sendiri coba ucapkan dengan bahasa yang positif, misalnya,”Saya bisa, Saya berani” jangan ucapkan hal-hal yang menjadi virus alam bawah sadar anda "saya bisa tapi...", "dia lebih baik dari saya", "apakah benar saya bisa". Kalimat-kalimat terakhir yang saya contohkan akan merusak alam bawah sadar anda.

Supaya pemprograman bawah sadar dapat lebih cepat terjadi, seperti yang saya tuliskan pada kalimat diatas bangun lah rasa percaya diri, perasaan nyaman dengan diri sendiri, peraasaan bahagia, dan bayangkan apa yang anda ingin raih/lakukan maka kalau hal tersebut dilakukan secara konsisten maka alam bawah sadar anda akan menuntun anda menuju sebuah kesuksesan diperlukan emosi atau perasaan yang positif atau perasaan yang menyenangkan.
Ketika kita inginkan, ciptakan sebuah rasa bahagia, buatlah sebuah keinginan yang besar tentang sesuatu yang kita inginkan untuk tercapai. jadi untuk membangkitkan alam bawah sadar anda adalah dengan membayangkan, merasakan apa yang kita inginkan, rasakan dengan sejelas-jelasnya anda telah berhasil mewujudkan keinginan anda. dan pasrah serta berdoa kepada Tuhan YME, maka akan ada jalan yang melintas dalam fikiran tentang bagai mana mewujudkannya, sebuah solusi yang lahir setelah proses membayangkan, merasakan apa yang kita inginkan, adalah sebuah jawaban dari alam bawah sadar anda, yang kemungkinan besar akan menuntun anda pada sebuah kesuksesan yang anda inginkan.


Apakah Alam Bawah Sadar Itu Ada?
Written by ronnyfr on 19 April 2007 – 6:08 pm - 5,809 kali dibaca.
Apakah sebenarnya alam bawah sadar itu?
Jika kita ajukan pertanyaan yang lebih provokatif misalkan, apakah alam bawah sadar emang ada?
Semenjak pertama kali disebutkan di dunia ini, istilah alam bawah sadar sudah memancing kontroversial. Kita bukan orang pertama yang mempertanyakannya, saat mengambil kuliah psikologi dulu, saya belajar bahwa sejak jaman awal perkembangan psikologi sampai sekarang belum semua ahli berdamai mengenai konsep ini.
Setidaknya ada beberapa pertanyaan yang menggugat keberadaan alam bawah sadar ini:
• Benarkah alam bawah sadar ini ada? Dari mana kita tahu?
• Jika benar ada alam lain di luar alam sadar, apakah itu emang letaknya di bawah kesadaran (sub conscious), atau mungkinkah letaknya justru di atas kesadaran (supra conscious), atau justru itu adalah alam tak sadar (unconscious)?
• Mungkinkah sebenarnya semuanya itu hanya ada satu alam pikiran saja, namun memiliki fungsi yang berbeda-beda? Jadi itu merupakan benda yang terpisah atau hanya fungsi yang terpisah?
• Alam “Bawah sadar?” Hmmmmmm…., jangan-jangan letaknya yang benar adalah yang “Alam samping sadar”…? Atau “Alam Belakang Sadar?” Atau malah “Alam Depan Sadar”?
• Ataukah malahan “Alam Agak Sadar”, atau “alam terlalu sadar…” karena ia bisa bekerja menggunakan kesadarannya sendiri…? Atau alam “sadar nggak sadar”…
• Dan seterusnya
Wah, gitu aja kok repot, barangkali itu yang akan dikatakan Milton Erickson ahli hipnotis modern jika ia hidup di jaman Gusdur. Capek dengan berbagai perdebatan itu, Erickson, memilih menggunakah istilah yang elegan yakni other than conscious mind. Sesuatu yang bukan alam sadar, entah itu apa. Kita tidak tahu bendanya, kita mungkin juga tidak bisa membuktikannya, namun kita bisa melihat karakteristik fungsi operasionalnya berbeda dengan alam sadar. Saya sendiri cukup senang dengan istilah dari Milton Erickson ini karena cenderung cocok dengan pandangan saya.
Saat berguru pada Andrew Bryant tentang Neuro Semantic, yakni ‘aliran’ NLP yang diusung oleh Michael T. Hall dan Bob Bodenhamer. Saya mendapat penjelasan yang berbeda dan menarik. Dijelaskan bahwa pikiran kita itu ibarat suatu perpustakaan yang memiliki sistem operasionalnya sendiri, namun kondisinya gelap gulita. Nah, manusia punya sebuah senter yang jika dinyalakan kira-kira bisa menerangi 1 meter persegi secara terang, dan sebagian remang-remang, sisanya yang mayoritas adalah gelap gulita.
Alam sadar adalah daerah terang yang disorot senter itu, sisanya adalah alam selain alam sadar. Jadi secara radikal penjelasan ini membedakan diri dari yang lain, dengan kata lain, sebenarnya alam sadar hanya eksis saat tertentu saja. Mungkin ini menjadi lebih mudah dimengerti, sebab jika kita sedang tidur memang pikiran sadar sepertinya tidak eksis lagi.
Nah, tentunya siapapun boleh berbeda pendapat dengan pandangan ini, lha wong namanya dari dulu juga sudah merupakan topik kontroversial. Saya sendiri cenderung cocok dengan dua pandangan ini, Milton dan Michael Hall. Sekalipun untuk mempermudah penjelasan, dalam pelatihan saya sering mengatakan saja alam bawah sadar, karena istilah ini lebih mudah diterima.
Jadi sebagai kesimpulan, istilah alam bawah sadar hanyalah cara kita untuk menjadi lebih mudah memahami bahwa ada fungsi pikiran yang tidak berada dalam dataran kesadaran.
Nah, untuk tujuan menggunakan script hypnosis, kadang lebih baik menggunakan istilah “alam tidak sadar”, karena ini dapat memicu terjadinya ambiguity yang amat powerful. Caranya?
Mengikuti NLP Practitioner akan menjelaskan itu semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar